#
#
AnakUnindra - السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه Pada kali ini kita akan membahas Definisi Jaringan Komputer. Menurut Wikipedia Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.



Jaringan Komputer © (http://pccomprepairinc.com)



Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Tentunya sejarah jaringan komputer ini cukup panjang untuk ditelusuri, dengan mengetahui sejarah dari jaringan komputer ini dapat membuka wawasan rekan-rekan dalam ilmu teknologi terlebih pada komputer. Disinilah peranan penting dari manfaat mempelajari ilmu komputer yang dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan jaringan komputer ? Untuk lebih memahami tentang pengertian dan juga hal-hal penting mengenai jaringan komputer, maka berikut ini adalah beberapa pengertian jaringan komputer menurut para ahli. Diantaranya adalah :

1. Tanenbaum (2000:2) 

Jaringan Komputer merupakan kumpulan dari perangkat keras dan lunak di dalam suatu sistem yang memiliki aturan tertentu untuk mengatur seluruh anggotanya dalam melakukan aktivitas komunikasi.

2. Melwin Syafrizal (AMIKOM Yogyakarta)

Jaringan Komputer yaitu himpunan "interkoneksi" antara 2 komputer autonomous
atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).
Sumber: (http://www.weblog.web.id/2012/09/pengertian-jaringan-komputer-menurut.html)

3. Izaas el Said (pakar jaringan komputer)

Pengertian Jaringan Komputer adalah Sebuah sistem di mana komputer yang terhubung untuk berbagi informasi dan sumber daya.

4. Madcoms

Jaringan Komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer dan peralatan penunjang lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan dan saling terkoneksi.

5. Techi Wire House

Pengertian Jaringan komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung.

6. Kamus Besar dan Pakar

Pengertian Jaringan komputer merupakan sekelompok dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama-sama.

7. Abdul Kadir (2003:415)

Jaringan Komputer adalah hubungan dua buah simpul (umumnya berupa komputer) atau lebih yang tujuan utamanya adalah untuk melakukan pertukaran data.


8. Todd Lamle (2012:2)

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung dan dapat membagi data, aplikasi, peralatan komputer, dan koneksi internet atau beberapa kombinasi itu.
 
9.  Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jaringan komputer merupakan sekelompok dari dua atau lebih sistem komputer yang dihubungkan bersama-sama.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Sekian

Referensi :
https://id.wikipedia.org
http://wantoweb.blogspot.co.id
http://www.nesabamedia.com
Axact

AnakUnindra

Materi Informatika.

Member of Zata MediaIndo

Post A Comment:

0 comments:

Terima kasih sudah membaca artikel kami. Jangan sungkan untuk berkomentar, berkomentarlah dengan bijak. Dilarang :
1. Berkomentar tidak sesuai topik bahasan, spamming, dan promosi
2. Berkomentar dengan tautan aktif.
3. Mencela, menghujat dan SARA.